Kamis, 05 Mei 2011

Contoh Proposal PAUD

PROPOSAL
DANA BANTUAN
PROGRAM PAUD/ KOBER








Disusun Oleh:
PAUD/ KOBER AL-HUDA







Kampung Bolang IV Rt 18/05 Desa Cibuluh
Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang
Tahun 2010


PEMEINTAH KABUPATEN SUBANG
KECAMATAN TANJUNGSIANG
DESA CIBULUH
 

LEMBARAN PENGESAHAN
Berdasarkan usulan proposal yang di ajukan oleh penyelenggara SPS “ PAUD AL-HUDA” / Nomor: /SPS-/ ( Bulan/ Romawi) 2010. Perihal Permohonan bantuan SPS pada SPS AL-Huda  yang beralamat di kampung Bolang IV Rt: 18/05 Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Kepala Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Menyetujui dan Mengesahkan Kepada PAUD SPS Al-Huda untuk mendapatkan dana bantuan penyelenggaran program Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tahun Anggaran 2010 yang bersumber dari dana APBD Provinsi



Subang, 28-11-2010
Kepala Desa Cibuluh


SAEFUL ZAMAN




PAUD / KOBER AL-HUDA
KECAMATAN TANJUGSIANG
Kmp Bolang IV Rt 18/05 Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kab. Subang
Subang,                28-11-2010 
Nomor                  : 017/SPS/AL-HUDA/2010
Lampiran             :
Perihal                  : Permohonan bantuan dana
Kepada,
Yth.        Bpk. Gubernur Jawa Barat
Di
Bandung
Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan mutu PKBM di Masyarakat, maka kelompok PAUD KOBER yang beralamat  di Kmp Bolang IV Rt 18/05 Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Akan mengajuan usulan Proposal bantuan Dana PAUD
Program PAUD / KOBER yang di selenggarakan di Kmp Bolang IV Rt 18/05 Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang yang nantinya bisa di jadikan barometer kecamatan tanjungsiang itu sendiri dan kecamatan lainnya, oleh karena itu dalam penataan pelaksanaannya masih banyak kekurangannya dan perlu penataan serta pembenahan lebih lanjut sehingga mendekati pada proses penyempurnaan.
Semoga usulan proposal bantuan dana PAUD/ KOBER Al- Huda ini mendapat persetujuan dan pengesahan dari Bapak Gubernur Jawa Barat serta ada realisasi di lapangan.
Demikian atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terima kasih.

Kepala Desa Cibuluh                                                                                                       PAUD/ KOBER AL-HUDA
                                                                                                                                                     Penyelenggara


SAEFUL ZAMAN                                                                                                                Aj. DEDENG YUSUF S
SATUAN PAUD SEJENIS / KOBER AL-HUDA
DESA CIBULUH KECAMATAN TANJUNGSIAG
KABUPATEN SUBANG

SURAT PERNYATAAN
KELANJUTAN PROGRAM SETELAH MENERIMA BANTUAN
Kami yang bertandatangan di bawah ini menerangkan bahwa untuk kelangsungan Jalannya Program PAUD KOBER AL-HUDA setelah mendapat bantuan Dana dari Bapak Gubernur Jawa Barat Akan terus berjalan dengan upaya pemberdayaan dana dari masyarakat setempat ( Swadaya ) tanpa tergantung pada bantuan pemerintah saja.
Demikian surat ini kami buat untuk dipergunakan  sebagai mana semestinya.




Subang,28-11-2010
Kepala Desa Cibuluh                                                                                                       Penyelenggara


SAEFUL ZAMAN                                                                                                                Aj. DEDENG YUSUF S




KATA PENGANTAR
Penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis (SPS) Adalah salah satu bentuk dari realisasi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Telah Mengamanatkan dilaksanakannya pendidikan kepada seluruh rakyat Indonesia sejak usia dini yaitu sejak anak dilahirkan, oleh sebab itu penyelenggaraan PAUD / KOBER sebagai upaya kesejahteraan anak ditujukan untuk menumbuhkan potensi anak secara optimal sehingga anak siap untuk menghadapi perkembangan selanjutnya. Program SPS dan kelanjutannya merupakan tanggungjawab bersama baik penyelengara maupun lembaga Dinas Khususnya PNF.
Program PAUD / KOBER yang diselenggarakan di Kmp Bolang IV Rt 18/05 Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kab. Subang merupakan program terpadu, oleh karena itu dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan, perlu pembenahan lebih lanjut sehingga mendekati pada proses penyempurnaan.
Mudah-mudahan melalui program ini yang kami usulkan dapat bermanfaat khusus bagi PAUD/KOBER AL-HUDA dan umumnya adanya kemajuan dan keselamatan bagi semua dan diharapkan bisa tertampung pada suatu lembaga PKBM yang berlandaskan dari, oleh dan untuk masyarakat.
Semoga proposal PAUD /KOBER ini mendapat tanggapan serta kajian pihak berkompeten dalam hal ini Bapak Gubernur  Jawa Barat Serta ada realisasi dilapangan.


Penyusun   









I.                   LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Sejak Usia Dini merupakan salah satu kunci mengatasi keterpurukan bangsa khususnya dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang handal nantinya dan juga pendidikan yang sangat menentukn bagi tumbuh kembangnya anak didik di kemudian hari.
Anak merupakan aset keluarga, masyarakat dan bangsa sehinga harus mendapat pembinaan jasmani, mental spiritual dan sosial sejak dini, mengingat pada usia 0-6 tahun masa menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional Bagian Ketujuh Pasal 28 menegaskan Bahwa Penidikan anak Usia Dini Pada jalur pendidikan Non Formal berbentuk PAUD, Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk lainnya yang sederajat, secara umum pengertian PAUD adalah salah satu bentuk kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain. Yang juga menyelenggarakan pendidikan prasekolah bagi anak usia 0-6 tahun sampai memasuki pendidikan dasar.
Hasil identifikasi data yang ada di Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang sudah di analisis oleh kami selaku pengurus PAUD, akan tetapi dana yang tersedia belum memadai oleh karena itu kami megusulkan proposal pada Bapak Gubernur Jawa Barat dengan data pendukung terlampir
II.                LANDASAN HUKUM
1.      Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Peraturan pemerintah Nomor 27 Tahun 1991 tentang Prasekolah.
3.      Peraturan pemrintah Nomor 27 Tahun 1991 tentang Pendidikn Luar Sekolah.
4.      Keputusan materi Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 018/U/1997 tentang peraturan Penyelenggaraan Pendidikan pada keompok bermain.

III.             TUJUAN
1.      Tujuan Umum
a.       Dapat mengelola dan membentuk tempat belajar PAUD/ KOBER secara baik, terencana dan terpadu sesuai dengan kondisi lokal sehinga dapat menumbuhkan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik juga.
b.      Untuk mempersiapkan dasar- dasar bagi perkembangan lebih lanjut
2.      Tujuan Khusus
a.       Meningkatkan keyakinan beragama.
b.      Mengembangkan budi pekerti dalam kehidupan.
c.       Mengembangkan sosialisasi dan kepekaan emosional.
d.      Meningkatkan disiplin melalui hidup teratur.
e.       Mengembangkan komunikasi dalam kehidupan berbahasa.
f.       Meningkatkan pengetahuan dan atau pengalaman melalui kemampuan daya fikir.
g.      Mengembangkan koordinasi motorik halus dan kreatifitas dalam keterampilan dan seni.
h.      Meningkatkan kemampuan motorik kasar dalam rangka kesehatan jasmani.
3.      Tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan PAUD/KOBER Al- Huda sebagai berikut:
a.       Masyarakat sekitar termotivasi untuk mendidik anaknya melalui PAUD/KOBER Al-Huda.
b.      Masyarakat mamahami akan pentingnya program PAUD/KOBER serta bisa memanfaatkannya sehingga dapat mempersiapkan anaknya untuk memasuki jenjang sekolah dasar.
c.       Mengembangkan potensi anak yang tergabung dalam kelompok bermain sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang untuk menjadi anak yang terampil, cerdas dan mandiri dalam menghadapi usia sekolah.
d.      Membantu meletakkan dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan dengan lingkungannya agar siap memasuki pendidikan dasar untuk pertumbuhan perkembangan selanjutnya.
IV.             LOKASI PELAKSANAAN
Tempat yang dijadikan lokasi PAUD/KOBER Al-huda adalah di kampung Bolang IV Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Ha ini merupakan tempat strategis baik kondisi lingkungan maupun sarana dan prasarana yang mendukung.
V.                SASARAN           
Yang menjadi sasaran PAUD/KOBER Al-huda adalah seluruh anak usia 0-6 tahun serta posyandu, ibu hamil yang ada dikampung Bolang IV Des Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Dengan  rentang 0-6 tahun ini mudah-mudahan bisa memberkan kesempatan kepada mereka untuk menjadi peserta didik yang mandiri serta mempersiapkan peserta didik agar lebih siap memasuki jenjang persekolahan.
VI.             SARANA YANG DIMILIKI
Tersedianya gedung yang telah dibangun masyarakat untuk dijadikan tempat belajar anak-anak, empat penimbangan posyandu loksinya di gedung PAUD AL-HUDA di kampug Bolang IV Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang.
VII.          JADWAL PELAKSANAAN
Adapun jadwal pelaksanaannya :
a.       Rencana persiapan
b.      Identifikasi kebutuhan sarana lokasi PAUD/KOBER.
c.       Warga belajarbeserta orang tua
d.      Tenaga pendidik.
e.       Lokasi pelaksaaan.
f.       Analisis data hasil identifikasi sasaran.
g.      Penetapan peserta didik dan tenaga pengajar berdasarkan hasil identifikasi.
h.      Pembentuka tim penyelenggara PAUD/KOBER sebagai berikut:
Pelindung                : Kepala Desa Cibuluh
Penasihat                 : Ketua LKMD Desa Cibuluh
Penanggungjawab  : Ketua RW 05 Bolang IV
Penyelenggara        : Aj. Dedeng Yusuf S
Sekretaris                : Ade Sukaesih
Bendahara               : Kurniasih
i.        Rencana pelaksanaan.
j.        Melakanakan kegiatan PAUD/KOBER mengacu kepada pedoman (kurikulum) Diknas dan Departemen Agama.
k.      Pengelola kegiatan di laksanakan secara terpadu oleh berbagai unsur, dinas / lembaga terkait yang berada di lingkungan kecamatan dan kabupaten
l.        Pemantauan kegiatan.
Pemantauan dilaksanakan melalui tahapan perencanaan\, pelaksanan dan tindak lanjut dengan uraian sebai berikut:

Tahapan
Unsur yang di pantau
Pemantau
Persiapan/perencanaan
Identifkasi kebutuhan analisis dan penentuan sasaran, tenaga pendidik, sumber belajar, penentuan tenaga dan penylenggara.
Kepala Desa Cibuuh
Ketua RW 05 Bolang IV
Pelaksana
1.      Penyuluhan kepada orangtua melalui orientasi/ pembekalan / seminar PAUD/KOBER
2.      Penilaian proses penyelenggaraan SPS
-Kepala Desa Cbuluh
-Pengurus PKBM
Tindak lanjut
Jenis upaya tindak lanjut pihak terkait memberikan dukungan baik moril maupn materil untuk kelangsungan PAUD/KOBER dengan cara bimbingan teknis. 
-Tim penggerak PKK
-Instansi terkait



VIII.       KETENAGAAN
No.
Peran
Pemeran
Rincian tugas
1
Pelindung
Kepala Desa Cibuluh
Memberikan perlindugan atas pelaksanaan PAUD/KOBER
2
Penasehat
Ketua RW 05 Bolang IV
Memerikan sarana untuk perkembangan PAUD/KOBER
3
Penangung jawab
Ketua PKBM
Bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD/KOBER
4
Peyelenggara

Bertanggung jawab secara penuh atas pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan pada PAUD/ KOBER
5
Tenaga pendidik

Melaksanakan kegiatan mengajar anak didik dan mengadakan evaluasi atas perkembangan anak
6
Pesuruh

Melaksanakan kebersihan disekitar lokasi tempat belajar
7
Pegawai tidak tetap

Melaksanakan pemeriksaan kesehatan peserta, memberikan informasi tentang pengetahuan makanan bergizi dan keterampilan serta sikap.
8
Pemantau
Penilik PNF
Dalam rangka mitra kerja melaksanakan pemantauan atas pelaksanaan PAUD/ KOBER


IX.             DAYA DUKUNG
Dalam rangka melaksanakan PAUD/KOBER yang dilaksanakan di Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Terdapat faktor pendukung, baik secara internal maupun Eksternal yang mendukung terhadap pelaksanaan PAUD/ KOBER diantaranya bangunan yang biasa di jadikan lokasi penyelenggaraan PAUD, disamping itu lokasi strategis dilihat dari sisi jangkauan peserta didik dan adanya tenaga pendidik yang sudah siap untuk mengabdikan dirinya dalam membantu dan membimbing peserta dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi.


X.                TINDAK LANJUT
-          Setelah diadakan rintisan pembentukan kelompok bermain diharapkan penyelenggaraan PAUD/KOBER bisa berkelanjutan secara Kontinyu walaupun keadaan unsur penunjang masih dirasakan minim, akan tetapi dengan adanya rasa tanggung jawab untuk membantu pendidikan peserta secara optimal bisa terwujud.
-          Bisa mengembangkan PAUD/KOBER baru di daerah  lain dan komplek yang ada bisa dijadikan acuan bagi yang lainnya.
-          Diharapkan adanya dukungan dan bantuan dari Bapak Gubernur Jawa Barat
-          Keterlibatan dinas/ lembaga dan  masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD/ KOBER lebih optimal guna membenahi kekurangan yang ada serta perbaikan lebih lanjut.
XI.             PENUTUP
Demikian proposal yang kami ajukan kepada Bapak Gubernur Jawa Barat dengan adanya PAUD/KOBER di Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Mudah- mudahan ada motivasi untuk mendidik anak sejak usia dini. Kami menyadari bahwa pelaksanaan PAUD/ KOBER ini masih banyak kekurangan akan tetapi harapan kami mudah-mudahan Proposal ini dapat di terima dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Subang 28-11-2010
PAUD /KOBER Al- HUDA




















LAMPIRAN- LAMPIRAN

















JADWAL PEMBELAJARAN
HARI
WAKTU
MATERI
KETERANGAN
SENIN
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-10.00
10.00-10.30
- Pengenalan Hurup Latin
- Bernyanyi
- Istirahat
- Melipat/ mewarnai
- Berdo’a

SELASA
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-10.00
10.00-10.30
- Pengenalan Angka
- Bernyanyi
- Istirahat
- Peraktek Ibadah
- Berdo’a

RABU
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-10.00
10.00-10.30
- Pengenalan Hurup Arab
- Bernyanyi
- Istirahat
- Menempel/Mencocokan
- Berdo’a

KAMIS
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-10.00
10.00-10.30
- Pengenalan Angka
- Bernyanyi
- Istirahat
- Olahraga
- Berdo’a




Siubang     2010
Penyelenggara
PAUD /KOBER AL-HUDA


Aj. DEDENG YUSUF S



DAFTAR NAMA PENYELENGGARA
PROGRAM PAUD/KOBER AL-HUDA

NO
NAMA
L/P
Tempat/ Tgl lahir
Pekerjaan
Pendidikan
Alamat
1
Dedeng Yusuf S
L
Subang, 06-08-1978
Wiraswasta
-
Bolang IV



Subang, 28-11-2010
Penyelenggara



Aj. DEDENG YUSUF S
















STRUKTUR ORGANIGRAM KEPENGURUSAN PAUD/KOBER
 AL-HUDA
DESA CIBULUH
KEC. TANJUNGSIANG KAB SUBANG


1.      Pembina
-          Camat Tanjungsiang
-          Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tanjungsiang
-          Penilik PNF Kecamatan Tanjungsiang
-          Kepala Desa Cibuluh
2.      Ketua
3.      Sekretaris
4.      Bendahara
5.      Tutor
: Dedeng Yusuf S
: Ade Sukaesih
: Nina Siti Nuramalia

NO
NAMA
TGL LAHIR
PENDIDIKAN
ALAMAT
JABATAN
TMT
1
NINA SITI NURAMALIA
25-12-1988
SLTA
BOLANG IV
TUTOR
16-07-2007
2
KURNIASIH
14-04-1971
SLTP
BOLANG IV
TUTOR
16-07-2007
3
ADE SUKAESIH
03-10-1981
SLTP
BOLANG IV
TUTOR
13-07-2009
4
IPIH WARYANIH
02-05-1982
SMEA
BOLANG IV
TUTOR
13-07-2009
5
SAHRU KURNIADI
04-04-1970
PGA
BOLANG IV
TUTOR
13-07-2009




DAFTAR WARGA BELAJAR
PAUD/KOBER  AL-HUDA
DESA CIBULUH KAC. TANJUNGSIANG KAB. SUBANG

KELOMPOK (1-2 Tahun)
NO
NAMA
TANGGAL LAHIR
NAMA ORANGTUA
ALAMAT
1
FAIRUZ SYIRFA F
24-10-2008
YANTI/AEF
BOLANG IV
2
KUSTIAN HADIWIJAYA
21-09-2008
ILAH/IDAS
BOLANG IV
3
SINTIA DEWI
28-08-2008
CARSITI/UJANG
BOLANG IV
4
YUNITA
29-06-2008
UNIH/MAHYA
BOLANG IV
5
WISNU MAULANA F
28-06-2008
SURYATI/SUMARYA
BOLANG IV
6
RIAN
23-06-2008
YUYUM/DAMIN
BOLANG IV
7
MISNA AMELIA
19-06-2008
RENI/YAYA
BOLANG IV
8
ATIN KOMALA
07-06-2008
ILAH/AMUD
BOLANG IV
9
IMELDA MUTIARA
10-03-2008
IPIH/ADE S
BOLANG IV
10
TONI GUNAWAN
12-03-2008
RUNAESIH/DIDIN
BOLANG IV
11
NOVA ARYANTO
07-01-2008
LILIS/RUKMAN
BOLANG IV
12





KELOMPOK (2-3 Tahun)
NO
NAMA
TANGGAL LAHIR
NAMA ORANGTUA
ALAMAT
1
NITA NURBAETI
27-07-2007
IRUN/SARPIN
BOLANG IV
2
YOGI RISKI PERMANA
31-08-2007
KARYANI/DARMITA
BOLANG IV
3
FARID MUFTI M
24-08-2007
ST AISYAH/AHMAD
BOLANG IV
4
RIJAL ABD ROSYID
23-07-2007
NURYANI/KUSMAN
BOLANG IV
5
RAHMUDDIN
11-03-2007
NURAIDAH/SUNARDI
BOLANG IV

KELOMPOK (3-4 Tahun)
NO
NAMA
TANGGAL LAHIR
NAMA ORANGTUA
ALAMAT
1
SYIFA SOFIYATUL M
13-12-2006
SITI SOLIHAT/CAHWAN
BOLANG IV
2
TALITA SYAFA F
21-09-2006
MARYATI/TEGUH
BOLANG IV
3
RISNA
23-07-2006
TARSIMAH/ADE S
BOLANG IV
4
WITA JUNITA
17-06-2006
MIMI/SAYUD
BOLANG IV
5
TITIN
04-03-2006
CARYATI/SUHMID
BOLANG IV
6
RIAN HANDAYANA
01-02-2006
NIH/MAHYA
BOLANG IV
7
SITI SUMANAH
25-01-2006
SARSIH/DOHEDI
BOLANG IV
8
NESSA NURULAINI N
21-01-2006
NURIKLIMA/NANANG
BOLANG IV





           

KELOMPOK (4-5Tahun)
NO
NAMA
TANGGAL LAHIR
NAMA ORANGTUA
ALAMAT
1
ALI IRNAWAN
12-04-2005
ATIN/JEJE
BOLANG IV
2
CICA PURNAMASARI
13-12-2005
DARWATI/MASRIF
BOLANG IV
3
WULANDARI M
12-11-2005
MIMI/SAHRU
BOLANG IV
4
DADAN RAMDAN
31-10-2005
ADE S/SURYANA
BOLANG IV
5
SITI ZENAB
20-07-2005
NURJANNAH/NURYADIN
BOLANG IV
6
DENA
15-07-2005
EVI/AGUS
BOLANG IV
7
SALIS JAMILATUL H
28-06-2005
CICIH/JAJA
BOLANG IV
8
RIAN ROSADI
02-02-2005
ST MARYAM/MIFTAH
BOLANG IV
9
KARYA HIDAYAT
21-04-2005
LILIS/CAHRUDDIN
BOLANG IV
10
ROBI BANA JUNDANA
02-04-2005
DEDAH/ARIFIN
BOLANG IV
11
RIO
12-01-2005
TIA/NASWAT
BOLANG IV
12
SITI KHOLISOH
05-06-2005
AMINAH/CAHMAR
BOLANG IV
13
TRESNA NURLELI
13-11-2005
MARLIAH/DADI
BOLANG IV
14
NABILA AZAHRA
24-08-2005
IMAS/UDIN
BOLANG IV


Subang, 28-11-2010
Penyelenggara


Dedeng Yusuf S
RAB
No
Nama barang
Banyaknya
Harga satuan
Total harga
1
Alat bermain
8 buah

13.852.500
2
Alat peraga
38 buah
53.000
2.014.000
3
Cat tembok
2 buah
300.000
600.000
4
Cat kayu
8 buah
45.000
360.000
5
Konsumsi gizi anak
X38 anak x 16hari/bulan x 1tahun

45.600.000
6
Alat tulis siswa
38 buah

728.000
JUMLAH
63.154.500










                                              















                

1 komentar:

  1. mudahan Tuhan membalas amal ibadah dalam share pengetahuan ini, amin

    BalasHapus